Cara Menonaktifkan Google AMP Yang Benar dan Aman di WordPress

  • Whatsapp
Cara Menonaktifkan Google AMP Yang Benar dan Aman di Wordpress
Cara Menonaktifkan Google AMP Yang Benar dan Aman di Wordpress

Postingan ini saya buat setelah saya menonaktifkan halaman AMP yang ada di blog utama lapaklama.com maupun subdomainya. Hal ini saya lakukan karena beberapa alasan, Salah satunya adalah terdapat error pada struktur data yang saya sendiri tidak tahu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Pada saat awal saya memasang plugin AMP di situs ini saya tidak mengalamai masalah apapun, namun setelah beberapa bulan baru muncul masalah baru yang terdeteksi pada halaman Google Webmaster, Alhasil banyak artikel yang masuk dalam daftar Valid Dengan Peringatan. Setelah saya mencoba beberapa kali untuk mengatasi masalah tersebut dan tidak menemukan solusinya. saya memutuskan untuk menghapus atau menonaktifkan halaman google AMP.

Setelah saya menonaktifkan halaman google AMP saya mendapatkan masalah baru yaitu peningkatan halaman Error 404. Setelah saya telusuri dan saya cari tahu, ternayata dalam beberapa hari sebelum google memperbarui indexnya pada situs kita, halaman AMP yang sudah kita hapus tidak lantas terhapus langsung. ada jeda kurang lebih 5 sampai 1 minggu untuk google memperbarui halaman index mereka.

Sebenarnya jika kita memahami dan menguasai hal-hal seputar AMP, Kita dapat meningkatkan peforma serta kualitas situs kita ke lebih baik dengan menggunakan halaman indeck google AMP. Namun jika anda tidak faham tentang kode-kode dalam penulisan yang valid AMP seperti saya. lebih baik tidak menggunakannya.

Apa Sih Google AMP Itu?

Google AMP atau bahasa panjangnya Accelerated Mobile Pages (AMP) adalah sebuah proyek open source yang ditujukan untuk meningkatkan pengalaman atau user-experience di perangkat mobile.

Google AMP bertugas untuk memberikan sebuah halaman dengan HTML dan JavaScript seminimal mungkin. Mekanisme yang digunakannya adalah Google menyimpan cache sebuah halaman kemudian menggunakan cache tersebut kepada user atau pengunjung yang mengunjungi situs tersebut menggunakan perangkat mobile.

Nah tanpa banyak basa basi langi langsung saja kita simak panduan paling mudah untuk Menonaktifkan Google AMP di blog WordPress.

Cara Menonaktifkan Google AMP di WordPress

Cara Menonaktifkan Google AMP
Cara Menonaktifkan Google AMP

1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menonaktifkan atau menghapus plugin AMP yang kamu gunakan di wordpress.

2. Setelah itu silahkan install plugin Redirection dan aktifkan plugin tersebut.

3. Setelah kamu aktifkan akan muncul sub menu baru di menu utama Perkakas Menu baru tersebut adalah Redirection

Cara Menonaktifkan Google AMP
Cara Menonaktifkan Google AMP

4. Dihalaman selanjutnya akan ada beberapa kolom yang harus kamu isi agar halaman AMP teredirect menjadi halaman non AMP.

5. Silahkan tambahkan kode berikut ini pada kolom URL sumber:

/(.*)\/amp

6. Kemudian tambahkan lagi kode berikut ini pada kolom URL target. Ganti kode example.com dengan domain blog kamu.

http://example.com/$1

7. Periksa kotak centang Regex dan pilih Redirections di bawah menu drop down Group.

8. Jika semuanya sudah kamu lakukan, klik tombol Add Redirect untuk menyimpan semua perubahan yang telah kamu lakukan.

Baca:

Nah itulah cara paling mudah untuk menonaktifkan halaman google AMP yang ada di blog kita dengan sangat aman dan mudah untuk kita lakukan.

Nilai

Pos terkait

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *