4 Langkah Mudah Membuat Website Portofolio Untuk Freelancer

  • Whatsapp
Membuat Website Freelance

Apakah anda saat ini sedang bekerja sebagai Freelancer? Sebagai pekerja freelancer / pekerja bebas sudah seharusnya anda memiliki sebuah website / situs portofolio. Anda tidak tahu bagaimana cara membuatnya? Nah anda berarti ada di tempat yang tepat karena kami akan membagikan tips cara membuat website portofolio untuk freelancer.

Apa itu website portofolio?

Website portofolio adalah sebuah web yang yang akan menampilkan berbagai macam jenis kemampuan dan karya yang sudah anda buat agar lebih menarik dan menyakinkan orang lain untuk menggunakan jasa atau membeli produk yang anda tawarkan.

Dengan membuat website portofolio akan membedakan anda dengan para kompetitor yang mungkin masih menggunakan cara manual dalam menarik calon clien. dengan membangun website portofolio clien atau calon clien akan lebih mudah dalam melihat nilai plus dari layanan yang anda akan anda berikan kepada calon clien tersebut.

Dengan begitu tentu clien akan lebih mudah percaya kepada anda, selain itu anda juga akan lebih mudah memberitahu para clien tentang update jasa atau barang yang anda tawarkan di halaman website tersebut.

Sebagai seorang Freelancer tentu anda akan lebih mudah memberitahu para clien tentang layanan apa saja yang sudah anda selesaikan dan menempatkan layanan tersebut dihalaman portofolio.

Sampai disini apakah anda sudah siap dalam membangun sebuah website portofolio? saya harap anda sudah siap demi meningkatkan layanan yang anda tawarkan.

Cara Membuat Website Portofolio Untuk Freelancer

Panduan membuat website ini tidaklah gratis, ada uang yang harus kamu keluarkan untuk beberapa keperluan seperti hosting dan domain. namun kalian tidak perlu kuatir karena dana yang akan anda keluarkan tidaklah banyak kurang lebih hanya sekitar 1 sampai 2 Juta pertahun.

Apakah mahal?

Tentu saja menurut kami tidak mahal

Kenapa?

Coba kalian hitung Jika kita asumsikan dananya adalah 2 juta pertahun di kali 12 maka anda hanya perlu mengeluarkan dana sekitar 170.000 perbulannya.

Dana pembuatan website portofolio berbeda-beda tergantung spek hosting dan domain yang anda gunakan. Jika anda belum memiliki banyak clien saya kira 1 juta pertahun sudahlah cukup.

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat website Portofolio.

1. Menyewa Hosting dan Domain

Membuat Website Portofolio Untuk FreelancerLangkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyewa hosting dan domain. dalam membangun sebuah website hosting dan domain sangatlah penting!!!.

Apakah anda tahu apa itu hosting dan domain?

Jika kita asumsikan!!!

Hosting adalah sebuah ruko, semakin besar dan bagus ruko yang anda sewa tentu akan semakin mahal pula biaya sewanya. begitu juga dengan hosting, Semakin besar Space hosting yang anda sewa maka biaya sewanya pertahun juga semakin mahal.

Kemudian Domain adalah jalan menuju ruko kamu tersebut, Semakin mudah jalan menuju ruko yang kamu sewa tentu calon clie / konsumen akan lebih mudah dalam menemukannya. begitu juga dengan domain, kamu harus memilih nama domain yang mudah di ingat agar calon slien lebih mudah dalam menemukan website anda. kami memiliki tips buat anda dalam memilih nama domain. Tips Memilih Nama Domain Yang Bagus Untuk Blog

Di indonesia sendiri sudah ada banyak sekali layanan yang menawarkan domain dan hosting. dari berbagai layanan yang anda kami merekomendasikan anda untuk menggunakan layanan Web hosting Niagahoster.

Kenapa harus di Niagahoster?

Ada banyak alasan kenapa anda harus memilih layanan tersebut, selain karena harganya yang cukup murah, masih ada banyak hal lainya yang hanya akan anda temukan di web hosting tersebut seperti Customer Service fast Respon, Serven Stabil, Gratis domain dan masih banyak lagi. untuk melihat alasan kenapa anda harus menggunakan Niagahoster silahkan baca pada artikel Review Niagahoster

Baca: 7 Tips Memilih Hosting Yang Berkualitas dan Sesuai Dengan Kebutuhan

2. Memilih Platform Website

Membuat Website Portofolio Untuk FreelancerSetelah anda memiliki hosting dan domain anda harus menentukan platform yang akan anda gunakan dalam membuat sebuah website portofolio. ada banyak sekali platform yang bisa anda gunakan. namun disini saya merkomendasikan anda untuk menggunakan platform CMS WordPress.

Kenapa harus menggunakan wordpress?

Dengan menggunakan platform wordpress untuk membuat website portofolio sangatlah mudah, jadi anda tidak terlalu kehilangan banyak waktu hanya untuk membuat website portofolio. selain itu alasan lainya adalah hampir semua layanan web hosting menyediakan untuk menginstall wordpress dengan sangat cepat di hosting sehingga website akan lebih cepat aktif.

Setelah anda menginstall CMS wordpress di hosting, anda perlu melakukan setup tools untuk membuat sebuah website atau blog menggunakan wordpress. di postingan ini saya tidak akan memabgikannya, karena saya sudah pernah membagikan tips tersebut di postingan Cara Membuat Blog.

Setelah itu kamu perlu mempercantik dan menambahkan beberapa tools yang disediakan wordpress agar website portofolio yang anda buat lebih maksimal dan cantik, seperti menginstall plugin dan mengganti tema standard wordpress dengan teman website portofolio yang cantik dan menarik.

3. Buat Halaman Dengan Kata-kata Mutiara

Membuat Website Portofolio Untuk FreelancerNah hal yang paling penting dalam membangun sebuah website portofolio adalah membuat sebuah halaman dengan kata-kata yang bisa menyakinkan calon clien dengan produk atau jasa yang anda tawarkan. dan halaman ini nantinya harus kamu jadikan sebagai halaman beranda. jadi setiap kali orang yang mengunjungi blog kamu maka akan langsung membaca sebuah kata-kata yang bisa menghipnotis mereka.

Dihalaman ini kamu boleh mengisinya dengan About dan Contact.

Jelaskan kepada mereka sejelah mungin tentang keahlian yang anda miliki, semakin jelas dan mudah untuk dipahami maka akan semakin banyak pula orang yang percaya dengan jasa atau layanan yang anda gunakan. beberapa informasi penting yang harus anda cantumkan adalah:

  • Penjelasan singkat seputar diri anda dan bidang yang anda tekuni.
  • Penjelasan layanan apa saja yang ingin anda tawarkan.
  • Portofolio atau bukti sebuah proyek yang sudah berhasil anda kerjakan

Kamu juga harus membuat sebuah form yang bisaa dijadikan pengunjung sebagai ajang tanya jawab. bisa menggunakan tombol chat atau halaman contact, namun yang paling mudah untuk di buat adalah halaman contact.

Untuk membuat halaman contact, kamu bisa menggunakan plugin yang bernama Contact Form 7 plugin yang satu ini memang secara kusus di ciptakan untuk membuat sebuah formulir contact. plugin ini juga sangat fleksibel. kamu bisa menambahkan form apa saja yang kamu anggap penting seperti Nama, alamat, email, subjek, dan pesan.

Lapaklama.com sendiri juga menggunakan plugin ini untuk membuat halaman kontak, sebagai demonya bisa anda lihat pada halaman kontak lapaklama.

Baca: Cara Mendapatkan dan Memasang SSL Gratis Selamanya

4. Mengganti Tema Standard WordPress

Tema WordPress WebsiteSeperti yang tadi saya katakan. karena disini kita ingin membuat website portofolio anda harus menggunakan tema yang memang dikususkan untuk blog portofolio. anda bisa membeli tema wordpress portofolio atau menggunakan tema wordpress gratisan yang bisa anda download secara gratis di situs wordpress.org

Baca: Travel Agency – Tema WordPress Tour & Travel Gratis

Demikianlah panduan Cara Membuat Website Portofolio untuk Freelancer yang profesional dengan biasa yang sangat murah.

 

Nilai

Pos terkait

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *