Cara Membuat Countdown Timer dengan Plugin

  • Whatsapp
Membuat Countdown Timer

LAPAKLAMA.COM | Cara Membuat Countdown Timer dengan Plugin

Hallo sobat lapaklama.com, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah panduan sederhana yang mungkin panduan ini akan sangat anda butuhkan jika anda mengelola sebuah situs/blog toko online, jasa yang mungkin lagi ingin mengadakan promo.

Selain itu biasanya Countdown Timer juga sering digunakan situs-situs besar untuk memberikan informasi penting mengenai pengumuman lomba, ulang tahun, agenda yang akan datang, dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan Countdown Timer akan sangat menarik calon pelanggan atau pembeli yang ingin menggunakan jasa atau membeli produk kita karena kita memberikan sebuah promo yang di halaman tersebut tertera jelas informasi mengenai masa berlaku promo tersebut.

Sebenarnya jika anda tahu dan memahami mengenai dunia coding anda bisa membuat Countdown Timer menggunakan JavaScript, tapi cara ini tidak terlalu bersahabat bagi Anda yang belum pernah belajar mengenai pemrograman komputer.

Sedangkan cara yang paling mudah untuk membuat Countdown Timer di wordpress adalah dengan menggunakan plugin, di postingan ini kami akan merekomendasikan anda untuk menggunakan plugin yang bernama Countdown Timer Ultimate.

Kenapa saya memilih plugin ini?

Karena memang plugin Countdown Timer Ultimate adalah plugin yang memiliki fitur cukup lengkap dan cukup mudah penggunaannya.

Tema WordPress:

Oke langsung saja simak tutorial dibawah ini untuk membuat Countdown Timer di wordpress menggunakan plugin.

Cara Membuat Countdown Timer

Langkah 1:

Hal pertama yang harus kamu lakukan tentunya adalah menginstall sebuah plugin yang bernama Countdown Timer Ultimate

Buat kamu yang baru pertama kali menggunakan wordpress bisa baca panduan cara install plugin di postingan kami yang lainya.

Langkah 2:

Setelah plugin terinstall di dasboard wordpress anda, maka akan ada sebuah menu baru yang bernama Countdown Timer » Add Timer.

Perlu anda ketahui sebelum kamu melakukan setting ini pastikan bahwa timezone yang Anda gunakan sudah sesuai dengan timezone server, Hal tersebut bertujuan supaya tidak ada perbedaan di antara keduanya.

Langkah 3:

Langkah ketiga, silahkan scroll kebawah untuk mengatur tanggal kadaluarsa, hari, dan waktu untuk diterapkan pada tampilan countdown timer.

Silahkan sesuaikan sendiri Countdown Timer yang anda ingin tampilkan di blog wordpress kamu.

Langkah 4:

Setelah Anda mengatur dan menambahkan tampilan latar dan tampilan depan. Anda dapat mengatur warna untuk hari, tanggal, jam, dan detik secara terpisah. Anda juga dapat mengubah label dari setiap elemen tersebut.

Anda bisa mengatur tampilannya sesuai dengan yang kamu inginkan dan sesuai dengan situ/blog anda. setelah semuanya selesai jangan lupa untuk klik tombol “Publish” yang ada di bagian kanan atas.

Langkah 5:

Setelah anda selesai membuat Countdown Timer baru sekarang saatnya anda Menampilkan Countdown Widget di WordPress. caranya silakan klik pada menu Countdown Timer. Pada bagian ini Anda akan melihat template countdown timer apa saja yang sudah Anda buat. Anda hanya tinggal menyalin shortcode yang tertera di dalamnya.

Kemudian Shortcode yang tadi anda copy silahkan pastekan di halaman yang ingin anda tampilkan widget Countdown Timer.

Jika semua tadi anda lakukan dengan benar maka akan tampilannya akan seperti gambar screnshot dibawah ini.

Selain bisa menambahkan Countdown Timer didalam sebuah artikel atau halaman tertentu, kamu juga bisa menambahkan Countdown Timer di widget tertentu seperti sidebar, header, ataupun footer.

Baca Juga:

Sekian informasi kali ini saya ucapkan terimakasih yang banyak kepada teman-teman blogger yang sudah mendukung perkembangan situs lapaklama.com.

Nilai

Pos terkait

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *