Cara Setting Plugin Autoptimize Terbaru 2019

  • Whatsapp

LAPAKLAMA.COM – Jika anda mencari tutorial Cara Setting Plugin Autoptimize berarti anda ingin mempercepat loading blog. Memang plugin Autoptimize dibuat untuk mengoptimasi peforma website.

Kita semua sudah tahu bahwa kecepatan loading blog adalah faktor yang sangat krusial, sebagai pemilik website kita dituntuk untuk mempercepat loading blog jika tidak ingin tenggelam dihalaman mesin pencari.

Pada bulan juli tahun 2018 yang lalu secara resmi google telah menyatakan bahkan kecepatan loading blog saat dibuka melalui perangkat mobile maupun destop sangat menentukan peringkat di SERP.

Hal ini sudah menjadi bukti bahwa sudah tidak ada lagi toleransi terhadap kecepatan loading blog, Mau ataupun tidak mau kita harus mendesain sedemikian rupa blog kita supaya bisa mendapatkan score baik di hasil test Page Speed.

Baca Juga: Cara Mempercepat PageSpeed

Di CMS WordPress sebenarnya ada banyak sekali faktor yang menentukan loading sebuah blog, Mulai dari Hosting yang digunakan, Plugin yang di isntall, namun yang paling berpengaruh terhadap kecepatan loading adalah tema. Nah dengan menggunakan plugin Autoptimize kamu bisa mengoptimasi kode-kode Html, Javascript, dan CSS yang ada di dalam tema blog Anda.

Fungsi Plugin Autoptimize

Plugin Autoptimize berfungsi untuk mengecilkan ukuran file CSS, men-cache script, me-load beberapa script di urutan terakhir. dengan plugin ini situs kamu akan memprioritaskan isi konten dan baru kemudian memunculkan fitur lainya seperti Gambar, Widget Dll.

Oke saya kira anda sudah paham kenapa anda harus mempercepat loading blog dan Apa fungsi dari plugin Autoptimize.

Install Plugin

Langkah pertama yang harus kamu lakukan tentunya menginstall dan mengaktifkan plugin Autoptimize, Caranya:Cara Setting Plugin Autoptimize

  1. Masuk kedasboard wordpress kamu
  2. Pilih menu plugin
  3. Lalu klik Tambah Baru
  4. Cari Plugin dengan kata kunci “Autoptimize” pada kolom pencarian
  5. Jika plugin sudah muncul Klik Install dan tunggu beberapa saat.
  6. Kemudian klik Aktifkan untuk mengaktifkan plugin Autoptimize

Sampai di tahap ini kamu sudah berhasil menginstall dan mengaktifkan plugin Autoptimize, langkah selanjutnya adalah menyetting plugin tersebut agar bekerja dengan baik di website anda.

Cara Setting Plugin Autoptimize

Masih didalam dasboard wordpress, setelah menginstall plugin Autoptimize akan ada menu baru yang bernama Autoptimize yang letaknya didalam menu Setting, Anda harus melakukan beberapa langkah agar plugin Autoptimize bekerja dengan maximal.

Setelah anda masuk kehalaman Setting >> Autoptimize >> lalu klik tombol Show Advanced Settings untuk menampilkan pengaruran yang tersembunyi di plugin ini.

Didalam halaman Main Setting ada beberapa section pengaturan yang akan anda temui seperti HTML Options, JavaScript Options, CSS Options, CDN Options, Cache Info, dan Misc Options.

1. HTML Options

Cara Setting Plugin AutoptimizeDibagian ini adalah opsi untuk mengoptimalkan struktur data HTML yang ada pada tema blog anda. berikan ceklis pada bagian “Optimize HTML Code ?” seperti gambar di bawah ini.

Dengan mengaktifkan ini akan memperbaiki nilai skor HTML blog Anda di GTMetrix.

2. JavaScript Options

Cara Setting Plugin AutoptimizeFungsi dari main setting ini adalah untuk memperbaiki score JS blog Anda di GTMetrix. silahkan aktifkan fitur ini dengan memberi ceklis pada baris teratas Optimize JavaScript Code ?

3. CSS Options

Cara Setting Plugin AutoptimizeFungsi dari CSS Options ini jika anda aktifkan akan memperbaiki skor CSS Anda di GTMetrix. untuk mengaktifkannya cukup ceklis pada bagian pada tulisan “Optimize CSS Code ?” dan biarkan pengaturan di bawahnya apa adanya.

4. CDN Options

Untuk fitur ini sangatlah opsional anda bisa mengaktifkan atau tidak, Jika anda memiliki atau berlangganan CDN Premium seperti MaxCDN silahkan aktifkan dengan mengisikan URL CDN Anda, namun jika tidak memiliki atau hanya menggunakan CDN gratisan lewati opsi ini.

5. Cache Info

Dibagian ini hanyalah informasi folder dimana anda menyimpan data cache blog anda, dan juga menampilkan jumplah total file serta ukurannya.

6. Misc Options

Untuk bagian Misc options biarkan apa adanya saja, Jika semuanya sudah anda atur klik tombol Changes and Empty Cache. untuk menyimpan pengaturan yang sudah anda lakukan dan membersihkan cache yang ada.

Extra Settings

Jika pada bagian Main Setting sudah anda setting seperti yang lakukan, sekarang pindah kebagian Ectra Setting karena ada beberapa hal yang harus kamu lakukan.Extra Settings

Google Font

Pilihlah opsi gambar seperti pada screnshot diatas, karena lebih baik dan tidak ada jeda pada  saat konten dibuka oleh pengunjung.

Optimize Image

Jangan ceklis pada bagian ini jika anda tidak menggunakan CDN premium dan hanya menggunakan CDN Cloudflare.

Jika kamu menggunakan CDN silahkan aktifkan lalu Pada opsi Image optimization quality pilih Lossless.

Remove Emojis

Ceklis pada bagian ini supaya blog anda tidak menampilkan emoji, opsi ini juga berpengaruh terhadap loading blog.

Remove Query Strings

Jika kamu ingin memperbaiki score GTMetrix ceklis dibagian ini, Namun hal ini tidak berpengaruh terhadap loading blog.

Preconnect to 3rd Party Domains

Jika kamu menggunakan beberapa kode pihak ketiga masukan URL pihak ketiga tersebut pada bagian ini, contohnya saja yang biasanya sering digunakan adalah kode Analytics, Pixel Facebook, Google Maps, dan juga Google Fonts.

Sampai ditahap ini kamu sudah berhasil Setting Plugin Autoptimize dan semoga saja peforma blog anda menjadi lebih baik. Klik tombol Save Changes untuk menyimpan perubahan.

Setelah anda selesai melakukan setting plugin Autoptimize, silahkan cek kembali keceparan blog anda dengan menggunakan GTMetrix atau PageSpeed

Plugin Autoptimize ini bisa anda padukan dengan plugin cache seperti W3 Total Cache, WP Fastest Cache, WP Rocket untuk mempercepat dan mengoptimalkan peforma website anda. Terimakasih telah membaca artikel Cara Setting Plugin Autoptimize.

Nilai

Pos terkait

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *