3 Cara Riset Keyword Yang Akurat untuk Blog

Cara Riset Keyword
5/5 (1)

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai cara riset keyword yang akurat untuk blog, dan semoga informasi ini bisa teman-teman fahami dan terapkan didalam aktivitas blogging yang kalian jalani.

Memilih kata kunci sangatlah penting karena hal tersebut akan berpengaruh pada peforma blog dalam bersaing pada halaman pertama mesin pencarian google, Sebagai pemilik blog sebelum kita menulis artikel kita harus melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui apa sih yang banyak dicari oleh orang-otang melalui mesin pencari google itu? Hal ini wajib kamu lakukan supaya kamu dapat menemukan kata kunci yang tepat untuk artikel blog tersebut. Cara Riset Keyword

Tak hanya mencari kata kunci saja, kita juga harus mengetahui peta pesaingan kata kunci tersebut, seperti berapa tingkat kesulitanya untuk bisa berada pada halaman pertama mesin pencari google. dan blog siapa yang saat ini berada pada peringkat pertama dari kata kunci tersebut.

Kenapa artikel yang saya tulis harus berada pada halaman pertama hasil pencarian google?

Badan penelitian mengatakan 75% pencari hanya membuka artikel-artikel yang berada pada halaman pertama hasil pencarian tersebut. dan ditambah lagi artikel yang berada pada posisi pertama mendapatkan 30% klik disusul pada posisi kedua 15% klik dan posisi ketiga 10% klik.

Dengan menggunakan kata kunci yang tepat, artikel blog kita akan lebih mudah untuk mendapatkan peringkat pertama atau paling tidak pada halaman pertama hasil pencarian google.

Lalu apa yang harus saya perhatikan dalam melakukan riset keyword untuk blog?

Ada empat komponen penting yang harus kamu perhatikan dalam riset keyword tersebut, seperti search volume, keyword difficulty, keyword suggestion, dan SERP.

Ngak tau apa semua itu? Simak penjelasan saya dibawah ini.

1. Search Volume

Search Volume atau Volume Pencarian adalah berapa banyak kata kunci tersebut dicari di google dalam waktu tertentu.

Contohnya: search volume sebuah kata kunci menunjukkan angka 11.000. Artinya, keyword tersebut dicari 11.000 kali di Google dalam kurun waktu satu bulan.

2. Keyword Difficulty

Keyword Difficulty adalah tingkat kesulitan sebuah kata kunci untuk bisa berada pada halaman pertama hasil pencarian google. Pada umumnya keyword tool akan menggunakan skala 0-100. dan semakin besar angka tersebut  maka akan semakin sulit pesaingan kata kunci tersebut.

Keyword Difficulty juga akan memperlihatkan kepada kamu berapa jumplah backlink yang dibutuhkan supaya artikel kamu bisa berada pada halaman pertama hasil pencarian.

3. Keyword Suggestion

Keyword Suggestion adalah saran kata kunci yang masih berkaitan dengan kata kunci utama yang kamu inginkan. Contoh kamu riset keyword untuk kata kunci “membuat blog” maka keyword suggestion akan memberikan saran kata kunci kepada kamu seperti “cara membuat blog terbaru“, “cara membuat blog gratis

Pada umumnya biasanya layanan keyword tool akan memberikan kata kunci long tail keyword.

Apa Itu long tail keyword?

long tail keyword adalah kata kunci yang mengandung minimal 3 kata kunci atau lebih, contonya seperti “cara membuat blog gratis”

4. Search Engine Result Page (SERP)

Search Engine Result Page (SERP) akan menunjukan halaman-halaman yang saat ini berada pada halaman pertama hasil pencarian google. Fungi SERP adalah untuk melihat kualitas halaman-halaman yang bisa menduduki peringkat teratas hasil pencarian Google.

3 Cara Riset Keyword Yang Akurat untuk Blog

Saat ini terdapat banyak sekali perusahaan yang menyediakan layanan riset keyword, baik itu secara gratis atau perabayar, Namun di artikel ini saya hanya akan membahas Cara Riset Keyword Yang Akurat untuk Blog secara gratis.

1. Ubersuggest

Tool Keyword yang banyak dihandalkan oleh sebagian besar blogger adalah Ubersuggest, Tool keyword yang satu ini dimiliki oleh Neil Patel sebuah perusahaan digital marketer ternama. kamu bisa menggunakan layanan ini secara gratis.

Untuk cara penggunaanyapun juga sangat mudah, Kamu hanya perlu mengetik keyword apa yang ingin Anda gunakan dan wilayah yang ingin Anda targetkan.  Maka Ubersuggest akan membeikan informasi mengenai berapa besar volume pencarian keyword tersebut, kadar kesulitan keyword, dan saran keyword terkait yang bisa kamu gunakan.

Pada contoh ini saya menggunakan kata kunci “membuat blog”Cara Riset Keyword

Maka bisa kamu lihat bahwa volume pencarian kata kunci tersebut adalah 9900 pencarian per bulan. dan tingkat kesulitan untuk bisa berada pada halaman pertama mesin pencarian adalah 0.07. Semakin besar angkanya, semakin sulit untuk meraih posisi pertama di hasil pencarian Google.

Tidak hanya itu saja Ubersuggest juga akan memberikan saran kata kunci kepada kamu yang masih berkaitan dengan keyword yang Anda ketik di kolom search. Pada contoh percobaan ini Ubersuggest memberikan 941 saran keyword yang berkaitan dengan “membuat blog”. Kamu juga bisa menyortir saran keyword tersebut berdasarkan volume pencarian (search volume), cost per click (CPC), atau nilai kompetisi (competition).

2. Google Trends

Harus kamu ketahui, Google tidak hanya menyediakan layanan mesin pencarian saja. Namun google juga menyediakan tool untuk melakukan riset keyword, yang bernama Google Trends. Nah kabar baiknya layanan ini bisa kamu nikmati secara gratis.

Kamu bisa mengatur wilayah sesuai negara yang Anda targetkan. Nah pada screnshot google trends dibawah ini saya menggunakan Google Trends Indonesia, dengan menggunakan kata kunci “membuat blog”Cara Riset Keyword

Kamu akan mendapatkan grafik pergerakan keyword yang kamu cari. Kerenya lagi google trend menyediakan grafik pergerakan keyword dari satu jam terakhir sampai lima tahun terakhir. dari situlah kamu bisa terus melihat pergerakan naik turunnya popularitas sebuah keyword dari waktu ke waktu.

Sama seperti layanan riset keyword Ubersuggest google trend juga menyediakan saran long tail keyword atau kata kunci yang masih berkaitan dengan kata kunci yang kamu inginkan.

3. Google Related Search

Selain google trend, Google juga menyediakan cara riset keyword yang lainya, setiap kali kamu melakukan pencarian di google hasil yang disediakan tidak hanya mencakup artikel-artikel dengan kata kunci yang diketik. Namun google juga menyediakan saran kata kunci dengan kata kunci yang kamu cari secara real time.

Contoh kamu mencari kata kunci “membuat blog” dan hasil saran long tail keyword yang diberikan Google adalah sebagai berikut:Cara Riset Keyword

Baca Juga:

Nah itulan 3 Cara Riset Keyword Yang Akurat untuk Blog menurut lapaklama.com, Jika kamu suka dengan tips tips dari lapaklama silahkan berlangganan panduan ngeblog dari lapaklama.com secara gratis.

Nilai Kualitas Konten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *