Cara Mengatasi Kursor Bergerak Sendiri Dengan Mudah

lapaklamaCara Mengatasi Kursor Bergerak Sendiri Dengan Mudah – Halo sobat lapaklama, kembali lagi bersama admin nih. Kali ini kita akan membahas mengenai Cara Mengatasi Kursor Bergerak Sendiri Dengan Mudah. Kursor adalah indikator atau tanda panah yang menunjukkan posisi dari mouse pada layar PC. Gerakan pada kursor akan mengikuti gerakan mouse yang telah sobat lakukan.

Tetapi terkadang muncul masalah dimana kursor pada layar bergerak sendiri padahal mouse tidak sobat gerakan. Hal tersebut tentu memberikan efek yang sangat merugikan, misalnya saja saat sobat sedang bermain game FPS, jika kursor bergerak sendiri maka kamera pada game juga akan ikut bergerak sendiri.

Nah buat sobat yang ingin mengatasi masalah ini, namun sobat tidak tahu bagaimana caranya, sobat tidak perlu bingung lagi ya. Karena pada ulasan ini admin akan membantu sobat untuk mengetahui bagaimana Cara Mengatasi Kursor Bergerak Sendiri Dengan Mudah. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, langsung saja sobat ikuti dan simak ulasan yang akan admin bagikan ini sampai selesai ya.

Cara Mengatasi Kursor Bergerak Sendiri Dengan Mudah

Berikut ini cara – cara yang dapat sobat coba untuk Mengatasi Kursor Bergerak Sendiri

Kurangi sensitifitas touchpad atau mouse

Cara mengatasi kursor bergerak sendiri saat mengetik yang pertama adalah mengurangi sensitifitas touchpad atau mouse. Sensitifitas piranti kursor yang terlalu tinggi biasanya mengakibatkan kursor bergerak tak terkendali. Untuk mengatur sensitifitasnya, Sobat dapat mengikuti langkah berikut ini:

  • Pertama – tama silahkan sobat klik Start > Control Panel
  • Setelah berada di jendela Control Panel, silahkan sobat pilih menu Mouse Options
  • Kemudian masuk ke tab “Buttons”, lalu geser “Double Click Speed” ke arah “Slow”
  • Selanjutnya, silahkan masuk ke tab “Pointer Options” dan geser “Pointer Speed” ke arah “Slow”
  • Terakhir, sobat klik OK untuk menyimpan perubahan pengaturan.

Baca juga : Atasi Lupa Password Yahoo Mail, Begini Caranya

Bersihkan touchpad

Kursor bergerak sendiri juga bisa disebabkan oleh kondisi touchpad yang kotor atau basah. Dengan begitu, sobat harus membersihkannya dengan kain lembut atau tisu sampai touchpad benar-benar bersih.

Instal ulang driver touchpad atau mouse

Sobat juga dapat mencoba untuk menginstal ulang driver touchpad atau mouse pada laptop. Caranya adalah berikut ini.

  • Langkah pertama silahkan sobat klik Start > Control Panel > System > Device Manager
  • Kemudian cari menu “mice and other pointing device”
  • Selanjutnya silahkan sobat klik tombol segitiga yang ada di samping kemudian klik kanan pada driver touchpad “PS/2 Compatible Mouse” lalu klik menu “Uninstall”.
  • Restart laptop sobat.
  • Driver touchpad yang baru akan terinstal secara otomatis ketika Windows melakukan booting.

Instal Driver Mouse Dan Keyboard Buatan Produsen Laptop

Alternatif lain untuk mengatasi kursor bergerak sendiri saat mengetik adalah dengan menginstal driver touchpad yang diluncurkan oleh produsen laptop sobat. Driver tersebut bisa diunduh di website resmi produsen.

Gunakan Charger Original

Permasalahan kursor bergerak-gerak juga bisa datang pada saat sobat tidak menggunakan charger original. Karena tegangan listrik dari charger tidak sesuai, laptop biasanya mengalami konsleting yang ditandai dengan kursor bergetar.

Baca juga : Cara Atasi Layar HP Berubah Warna Dengan Mudah

Gunakan Mouse Pad Yang Lembut

Kursor eror kadang juga bisa disebabkan oleh penggunaan alas mouse yang tidak rata atau medan berkaca dan busa. Oleh karena itu, sebaiknya sobat menggunakan mouse pad yang berkualitas agar cahaya laser pada mouse dipantulkan secara teratur.

Matikan touchpad yang masih aktif

Saat menggunakan mouse, sebaiknya sobat mematikan touchpad terlebih dahulu agar kursor tidak berlawanan ketika tangan kanan sobat menggulir mouse sementara tangan kiri tidak sengaja menyentuh touchpad.

Periksa kondisi touchpad dan mouse

Jika penyebab kursor bergerak sendiri mengacu pada touchpad atau mouse nya, lakukan pengecekan untuk memastikan. Caranya, klik tombol Fn + Key yang menunjukkan touchpad eror.

Jika sobat menggunakan mouse, periksa kabel, sensor, dan konektor USB nya apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Karena jika ada kerusakan pada komponen mouse bisa menyebabkan kursor eror.

Penyebab Kursor atau Pointer Bergerak Sendiri

Berikut ini beberapa Penyebab Kursor atau Pointer Bergerak Sendiri yang harus sobat ketahui.

  1. Sistem Komputer sedang error
  2. Mouse / Touchpad yang bermasalah
  3. Mengisi Baterai Laptop dengan charger originalnya.

Akhir kata

Demikianlah ulasan singkat yang dapat admin bagikan buat sobat kali ini mengenai Cara Mengatasi Kursor Bergerak Sendiri Dengan Mudah. Semoga bermanfaat buat sobat yang sudah membaca ulasan ini sampai selesai ya. Dan jangan lupa untuk terus mengikuti ulasan – ulasan terbaru yang akan admin bagikan selanjutnya ya sobat.

Baca juga : Cara Mengatasi Tidak Dapat Membuat Folder Baru di Windows Dengan Mudah

You May Also Like

About the Author: lapaklama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *