Cara Mempercepat PageSpeed

  • Whatsapp
Mempercepat PageSpeed

Cara Mempercepat PageSpeed » Pada bulan juli 2018 yang lalu google secara resmi mengumumkan kecepatan pagespeed akan menjadi faktor dalam menentukan peringkat suatu website dalam pencarian mobile. tentu pengumuman google tersebut memasak kita sebagai developer website mempercepat loading blog kita agar rangking website kita tidak hilang dari SERP (kususnya untuk versi mobile).

Saya sendiri selaku pemilik situs lapaklama.com sudah memfokuskan untuk mempercepat loading blog ini hingga semaksimal mungkin. begitu juga dengan subdomain tekno.lapaklama.com yang juga saya optimalkan PageSpeed nya.

Melihat saat ini mulai banyak pengguna perangkat mobile yang mencari informasi melalui ponsel mereka. jika dilihat dari statistik google analytics pengunjung situs lapaklama 50% adalah pengguna perangkat mobile. padahal ini situs yang membahas seputar blogging yang seharusnya pengunjungnya adalah pengguna perangkat destop.

Baca Juga: Cara Membuat Daftar Isi Blog WordPress Otomatis

Melihat trafik tersebut saya sudah bisa membayangkan bagaimana dengan situs yang membahas seputar teknologi, Pasti akan lebih banyak pengunjung yang melihat situs tersebut menggunakan perangkat mobile. mengingat perkembangan teknolgi saat ini lebih gencar kearah perangkat mobile.

Oke kembali ke topik pembicaraan Cara Mempercepat PageSpeed.

PageSpeed

Melalui situs resminya google menyatakan ada 3 parameter yang mereka gunakan untuk mengukur kecepatan sebuah blog / situs. Yaitu:

  1. Chrome User Experience Report
  2. Lighthouse
  3. Pagespeed Insight

Parameter Apa Itu?

1. Chrome User Experience Report

Chrome User Experience Report adalah data yang didapatkan oleh google dari pengalaman para pengguna browser chrome.

2. Lighthouse

Lighthouse adalah tools otomatis dari Chrome Developer Tools untuk mengaudit kualitas kinerja, aksesibilitas, dll dari sebuah halaman web.

3. Pagespeed Insight

Tools yang menujukan kinerja suatu halaman pada Laporan UX Chrome, dan akan memberikan saran terkait untuk mengoptimalkan suatu masalah yang terdapat dilaman tersebut.

Penyebab PageSpeed Lambat dan Solusinya

  1. Tidak adanya kompresi
  2. CSS dan Javascript yang tidak di minify
  3. CSS dan Javascript yang terletak di paruh atas
  4. Gambar berukuran besar
  5.  Respons server yang lambat
  6. Tidak adanya Cache Browser

Untuk memperbaiki hal-hal diatas dibutuhkan suatu keahlian kusus dalam bidang server dan coding. namun buat teman-teman yang tidak memiliki keahlian tersebut saya memiliki beberapa solusinya.

Solusi Mempercepat PageSpeed

1. Pilihlah server yang baik, Minimal paling tidak menggunakan server VPS atau Dedicated Server.

2. Aktifkan Kompresi, untuk server yang menggunakan enggine apache kalian bisa menggunakan mod_deflate, kemudian untuk server enggine Nginx bisa menggunakan ngx_http_gzip_module.

3. Minify semua CSS dan JS, Ini harus dilakukan manual dan diperlukan skill coding, untuk tools-nya bisa menggunakan minifier.org.

4. Pindahkan semua CSS dan JS ke footer. Untuk pengguna wordpress kalian bisa menggunakan plugin untuk memindahkan CSS dan JS ke footer, namun sayangnya biasanya jika menggunakan plugin tidak semuanya terpindah. solusi terbaik adalah dengan memindah secara manual.

5. Aktifkan browser cache, Kamu bisa menggunakan header Cache-Control dan ETag.

6. Kompresi gambar, Ada banyak sekali tools yang bisa kamu gunakan untuk melakukan Kompresi gambar sebelum kamu menambahkan pada suatu artikel. salah satu yang saya gunakan adalah tools dari compressjpeg.com.

Baca Juga: Cara Membuat Halaman Kontak WordPress

Penutup

Nah itulah panduan singkat Cara Mempercepat PageSpeed, jika kamu sudah menentukan membuat blog menggunakan wordpress maka kamu sudah harus mandiri dan bisa melakukannya sesuatu secara sendiri, karena memperbaiki score pageSpeed wordpress lebih susah dari pada blogger.

Nilai

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *