Cara Membuat Daftar Isi Blog WordPress Otomatis (Dalam Artikel)

Cara Membuat Daftar Isi Blog
5/5 (1)

Lapaklama.com » Cara Membuat Daftar Isi Blog WordPress Otomatis (Dalam Postingan)

Dalam membuat artikel tentu kita harus memudahkan pembaca dalam memahami apa isi didalam artikel yang kita tulis. dengan menyediakan daftar isi blog membuat pengunjung dapat dengan mudah mebafsirkan apa isi yang ada didalam artikel itu.

Daftar isi blog didalam postingan sudah banyak di gunakan di situs-situs besar seperti wikipedia, blog niagahoster, bahkan sampai blog sederhana ini saja saya lengkapi dengan daftar isi. Tujuanya sih simpel supaya pengunjung bisa membaca inti pokok yang ada di artikel kita tanpa harus membacanya dari awal hingga ahir.

Mungkin membuat hal seperti ini di blog blogger akan terlihat sangat sulit, namun untuk blog wordpress sangatlah mudah. seperti yang sudah kita ketahui wordpress memiliki banyak sekali plugin yang bisa kita gunakan untuk membuat seseuatu, seperti Ranting Bintang, dan daftar isi blog didalam artikel.

Untuk demo daftar isinya bisa kamu lihat langsung dibawah ini.

Cara Membuat Daftar Isi Blog WordPress (Dalam Postingan)

Daftar isi didalam postingan artikel sangat saya rekomendasikan buat teman-teman yang memiliki blog dengan artikel-artikel yang panjang, selain memudahkan pembaca dalam memahami isi dari blog kita juga sangat bermanfaat untuk kepentingan SEO blog.

Hal ini kembali lagi ke algoritma google saat ini yang mementingkan user experience.

Berikut tutorialnya

1. Install Plugin

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas membuat blog dengan menggunakan wordpress itu sangat mudah dan menyenangkan, gimana tidak! dengan hanya menginstall plugin saja kita sudah bisa dengan mudah menambah, memodifikasi, atau bahkan mengurangi fitur didalam blog.

Nah untuk membuat sebuah daftar isi blog wordpress kita akan membuatnya menggunakan plugin yang bernama Table of Contents Plus, Silahkan install dan aktifkan plugin ini di wordpress kamu.

2. Lakukan Pengaturan

Setelah kamu mengaktifkan plugin tak lantas langsung aktif ya! karena kamu harus melakukan beberapa pengaturan sebelum menggunakan plugin Table of Contents Plus untuk menampilkan daftar isi didalam artikel.

Berikut cara settingnya.

  • Pilih menu Settings > TOC+
  • Pada tab Main Options silakan lakukan pengaturan sesuai keinginan Anda. Selengkapnya dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini.
  • Position – berfungsi menentukan posisi dari daftar isi dari artikel.
  • Show when – daftar isi ditampilkan dengan jumlah minimal sub-judul (angka tersebut bergantung pada sub-judul artikel Anda).
  • Silakan centang bagian post dan page jika ingin menampilkan daftar isi pada konten tersebut.
  • Heading text – berfungsi untuk membuat nama dari daftar isi.
  • Show hierarchy – berfungsi untuk menampilkan hierarki pada daftar isi.
  • Number list items – berfungsi untuk memberikan nomor pada daftar isi.
  • Silakan centang bagian Enable smooth scroll effect jika ingin berhenti pada bagian sub-judul ketika daftar isi diklik.
  • Untuk tampilan daftar isinya ada beberapa tampilan yang bisa kamu pilih, atau kamu juga bisa mendesainya sendiri.
  • Width – berfungsi untuk mengatur lebar dari daftar isi.
  • Wrapping – berfungsi untuk mengatur posisi.
  • Font size – berfungsi untuk mengatur ukuran huruf.
  • Presentation – berfungsi untuk mengatur tampilan.
Note: Jika kamu ingin menampilkan daftar isi pada artikel-artikel tertentu, silahkan tambahkan shortcode . Namun cara ini mungkin akan memakan banyak waktu, terutama buat blog yang sudah memiliki banyak konten.

Baca Juga:

Menambahkan Daftar Isi di Sidebar

Selain itu kamu juga bisa lo menambahkan daftar isi didalam sidebar blog. caranya:

  1. Silakan pilih menu Appearance > Widgets
  2. kemudian pilih widget TOC+
  3. Lalu Klik Add Widget jika sudah jangan lupa untuk menyimpan semua pengaturan.

Jika setelah menambahkan widget daftar isi dibagian sidebar blog, kamu bisa lo menonaktifkan daftar isi pada konten dengan mencentang Show the table of contents only in the sidebar. sehingga nanti daftar isinya hanya ada dibagian sidebar blog saja.

Itulah panduan lengkap Cara Membuat Daftar Isi Blog WordPress Otomatis (Dalam Artikel), Jika kamu suka dengan artikel ini, boleh donk berikan komentar dan 5 bintangnya. terimakasih.

Nilai Kualitas Konten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *