Cara Menonaktifkan Gutenberg dan Beralih Ke Editor Lama WordPress

Cara Beralih Ke Editor Lama Wordpress
5/5 (4)

Lapaklama.com » Cara Menonaktifkan Gutenberg dan Beralih Ke Editor Lama WordPress

WordPress beberapa waktu yang lalu melakukan update besar-besaran pada versi 5.0, salah satu faktor yang paling menyita perhatian adalah berubahnya halaman editor wordpress yang lama ke tampilan yang baru atau biasa dikenal sebagai Gutenberg.

Sebenarnya sebelum wordpress menjadikan Gutenberg sebagai halaman editor wordpress secara defaul. wordpress sudah memperkenalkannya terlebih dahulu dalam bentuk plugin. Namun sayang perubahan yang dilakukan ini justru bukan membuat pengguna wordpress lebih mudah namun malah lebih sulit. dan banyak pengguna yang ingin beralih ke editor wordpress yang lama.

Tidak sedikit pula pengguna wordpress yang tidak tahu cara menonaktifkan gutenberg dan kembali ke editor lama. jika kamu termasuk orang yang tidak tahu. silahkan simak penjelasan kami dibawah ini.

Santai sob. bukan kamu saja kok yang merasakan kesulitan / binggung dengan halaman editor baru wordpress ini. saya pribadi yang sudah bertahun-tahun menggunakan wordpress aja juga kebingungan dengan tampilan dan tataletak halaman editor wordpress yang baru ini.

Kesulitan pada saat pengeditan dimana memasukkan teks baru atau menghapus teks yang sudah ada sangat menyulitkan, dan juga untuk memformat tulisan rata kanan rata kiri juga tidak bisa, hal ini benar-benar membuat saya lambat bekerja dengan editor WordPress.

Nah di artikel ini saya ingin membantu teman-teman pengguna wordpress yang ingin kembali menggunakan halaman editor wordpress versi lama. namun sebelumnya saya juga ingin sedikit membahas mengenai apa itu Gutenberg.

Gutenberg Adalah

Gutenberg adalah editor WordPress baru yang hadir di WordPress versi 5.0 dimana editor ini bertujuan untuk memodernisasi pengalaman menulis WordPress yang lebih baik dan membawa begitu banyak fitur baru untuk menggantikan editor WordPress WYSIWYG.

Gutenberg ini sebenarnya hadir untuk memudahkan pengguna wordpress baru ataupun lama. dengan menggunakan system drag and drop berbagai macam item kedalam halaman atau postingan artikel baru yang akan kita buat. Namun hasil penilaian yang didapatkan justru kebalik dengan tujuan dibuatnya Gutenberg. jika tujuannya sebenarnya untuk memudahkan pengguna wordpress justru Gutenberg menjadi momok yang membuat pengguna wordpress malas mengupdate artikel.

Lalu bagaimana cara menonaktifkan Gutenberg dan beralih ke editor lama wordpress ?

Cara Menonaktifkan Gutenberg dan Beralih Ke Editor Lama WordPress itu sebenarnya sangatlah mudah. kamu hanya perlu menginstall plugin dan mengaktifkanya dan menjadikannya sebagai halaman editor wordpress kamu.  maka semuan sudah ter atasi. Nah dari pada kamu binggung mending kamu langsung simak saja tutorial dibawah ini.

Cara Beralih Ke Editor Lama WordPress

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menginstall plugin yang bernama Classic Editor kemudian aktifkan plugin tersebut.

Lalu masuk kehalaman Setting » Writing. dan kemudian pilih Classic Editor pada pilihan Default editor for all Users

Setelah kamu melakukan langkah mudah diatas. kamu akan menemukan menu baru yang ditambahkan pada daftar postingan artikel kamu. menu tersebut adalah Classic editor dan Block Editor seperti pada gambar dibawah ini.

Jika kamu ingin mengedit postingan kamu menggunakan halaman editor lama maka silahkan pilih menu Classic Editor namun jika kamu ingin mengedit menggunakan halaman editor wordpress yang baru silahkan pilih Block Editor.

Baca Juga:

Sebenarnya menurut saya pribadi layanan editor wordpress yang baru (Gutenberg) adalah langkah maju yang dilakukan oleh wordpress. dan didalam Gutenberg terdapat banyak sekali fitur baru yang tbelum tentu ada dihalaman editor lama. oleh karena itulah kamu harus pelan-pelan mempelajari haya halaman Gutenberg karena tidak menutup kemungkinan wordpress hanya akan menggunakan halaman editor Gutenberg saja dan menonaktifkan halaman classic editor.

Nah itulah panduan Cara Menonaktifkan Gutenberg dan Beralih Ke Editor Lama WordPress. jika kamu tertarik dan suka dengan artikel ini silahkan berlangganan artikel terbaru lapaklama via email secara gratis.

Nilai Kualitas Konten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *