Apa Itu Aplikasi Google Play Store

google play store

Pengguna Android pastinya memiliki aplikasi Google Playstore di handphonenya masing-masing. Google Play Store atau yang biasanya disingkat dengan Play Store ini sangat penting untuk semua jenis perangkat Android karena semua aplikasi yang ada di handphone Android disediakan oleh Play Store dan pengguna hanya tinggal mendownloadnya saja.  Artinya, tanpa adanya Play Store di handphone kalian, maka kalian pasti akan mengalami kesulitan dalam mencari dan menginstal sebuah aplikasi yang diinginkan.

Jika kalian adalah pengguna Android yang seringkali mengakses Google Play Store, tentunya kalian sudah mengenal aplikasi aplikasi Google Play Store itu seperti apa. Nah, agar lebih jelas lagi, berikut ini akan diulas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan aplikasi Google Play Store mulai dari penjelasan singkat, cara menggunakannya, kelebihan hingga kekurangan yang dimiliki oleh Google Play Store.  Maka dari itu, simak baik-baik ya ulasannya di bawah ini!

Sekilas Apa Itu Google Play Store

Google Play Store atau yang biasa di kenal dengan Play Store merupakan sebuah layanan aplikasi digital yang memiliki lisensi resmi dari Google untuk semua merk handphone berbasis Android, baik dari merk Lenovo, Samsung, Oppo, Xiaomi, dan sebagainya. Selama handphone berbasis Android, maka di dalam handphone tersebut wajib tersedia Google Play Store. Selain itu, dapat juga dikatakan bahwa Google Play Store termasuk toko yang berbentuk aplikasi untuk jutaan produk-produk seperti aplikasi, buku, game, musik, dan sebagainya. Namun, semua produk yang ada di dalam Google Play Store ada yang gratis dan ada juga yang berbayar.

Baca juga : Aplikasi Xnxubd

Di dalam handphone berbasis Android, tidak semua Google Play Store sudah diaktifkan. Kadang ada beberapa merk handphone yang belum mengaktifkan Google Play Store. Nah, agar pengguna dapat menggunakan Google Play Store, maka pengguna harus menginstall dan membuat akun Google Play Store dengan email pribadi pengguna. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini cara menggunakan Google Play Store khususnya bagi pemula yang baru memiliki handphone Android:

Pastikan Google Play Store telah terinstall di handphone

Apa Itu Google Play Store

Cara pertama yang harus dilakukan untuk mengaktifkan Google Play Store adalah memastikan apakah di handphone pengguna sudah terinstall Google Play Store dengan baik. Biasanya untuk handphone keluaran pabrik, Google Play Store sudah ada di dalam perangkat. Namun, untuk handphone yang menggunakan custom ROM, biasanya harus menginstall secara manual dengan cara melakukan flashing Play Store yang dapat didownload di berbagai sumber yang menyediakan link download aplikass.

Membuat akun Google Mail

Setelah menginstal Google Play Store dan siap digunakan, cara selanjutnya yaitu pastikan pengguna memiliki akun email atau beberapa akun email yang digunakan untuk membuat akun Google Play Store. Apabila belum memiliki akun email, maka buatlah terlebih dahulu. Cara pembuatan email pun cukup mudah. Jika tidak ada email, maka pengguna tidak dapat masuk dan mengakses Google Play Store sehingga pengguna tidak dapat mendownload aplikasi, buku, game, dan lainnya yang diinginkannya

Menggunakan Aplikasi Google Play Store

Setelah email yang kalian buat untuk masuk ke dalam akun Google Play Store terverifikasi oleh Google, maka akun Google Play Store sudah aktif. Dari situlah kalian sudah bisa menggunakan layanan aplikasi Google Play Store untuk mendownload sesuatu yang kalian butuhkan seperti aplikasi-aplikasi, buku, musik, game, dan lainnya secara gratis. Namun, ada beberapa juga produk-produk yang ada di dalam Google Play Store berbayar, salah satunya buku maupun novel. Kedua produk tersebut didapatkan dengan cara berbayar menggunakan Google Pay sehingga kalian harus memilih metode pembayaran apa yang ingin kalian pakai untuk membayar. Beberapa pilihan metode pembayaran yang disediakan leh Google Pay yaitu menggunakan voucher , kartu kredit atau pulsa dari sebuah provider.

Baca juga : Aplikasi Vidhot

Kelebihan dan Kekurangan Google Play Store

Suatu aplikasi yang telah dibuat tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan dalam penggunaannya. Begitupun juga dengan aplikasi Google Play Store. Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari Google Play Store:

Kelebihan:

  • Jumlah aplikasi semakin bertambah dari tahun ke tahun

Perangkat berbasis Android diketahui memimpin dalam hal jumlah aplikasi terbanyak di Google Play Store dari tahun ke tahun. Jumlah aplikasi yang ada di  Google Play Store lebih unggul dari jumlah aplikasi yang tersedia di App Store yang khusus untuk perangkat iOS.

  • Adanya Instant Apps

Dulu, cara untuk menggunakan aplikasi harus di install terlebih dahulu. Namun semenjak Google Play Store menghadirkan fitur Instant Apps, aplikasi dapat dijalankan tanpa melalui penginstalan terlebih dahulu. Fitur ini dapat terwujud berkat implementasi dari Android Webview

  • Dapat mencoba terlebih dahulu sebelum aplikasi dirilis secara resmi

Sebelum dirilis secara resmi, banyak sekali aplikasi yang ada di Google Play Store melakukan pengetesan dengan program beta testing. Salah satu aplikasi yang menggunakan program tersebut adalah Whatsapp dengan fitur hapus pesannya yang pernah mendapat sorotan publik

  • Semua aplikasi yang tersedia sangat berinovatif dan mutakhir

Hubungan yang ada di dalam Google Play Store lebih terbuka daripada App Store sehingga membuat alur inovasi semakin cepat mengalir. Terbukti jika banyaknya aplikasi-aplikasi di dalam Google Play Store memiliki fitur mutakhir

  • Dapat menjalin koneksi dengan siapapun karena fungsi ulasan di Google Play Store yang lebih bersifat sosial

Google Play Store terhubung dengan banyak jaringan media sosial yang saling terintegrasi sehingga pengguna dapat melakukan koneksi dengan siapapun dengan adanya ulasan-ulasan di setiap aplikasi yang tersedia di Google Play Store.

  • Dapat merekomendasikan aplikasi yang terkait secara personal

Google telah melakukan pembaruan dalam hal personalisasi di Google Play Store untuk para penggunanya. Pembaruan tersebut dimaksudkan agar pengguna dapat memperoleh aplikasi yang sesuai dengan keinginan dan tentunya hasil pencarian aplikasi Google Play Store lebih akurat karena adanya rekomendasi tersebut

  • Sangat ramah bagi pihak pengembang aplikasi

Sebelumnya telah dibahas pembaruan dari sisi pengguna Google Play Store yang dilakukan oleh Google, kali ini dari sisi pengembang aplikasi. Google juga melakukan pembaruan pada aplikasi “Google Play Console” dengan tools yang lebih beragam daripada sebelumnya. Beragam fitur baru dihadirkan dengan tujuan dapat membantu pihak pengembang aplikasi untuk memantau informasi terkait aplikasi yang pernah dibuatnya dengan mudah.

Baca juga : Aplikasi Bokeh HD

Kekurangan:

  1. Banyak aplikasi yang bersifat berbayar
  2. Setelah pembaruan, maka dapat menghabiskan memori penyimpanan telepon karena hasil pembaruan memiliki size yang besar
  3. Banyaknya aplikasi dengan ukuran file besar terutama game-game terkenal

Nah itulah ulasan mengenai aplikasi Google Play Store : aplikasi penting dalam perangkat Android. Semoga apa yang diulas di dalam artikel ini bermanfaat khususnya bagi kalian yang belum mengetahui secara jelas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan aplikasi Google Play Store.

You May Also Like

About the Author: lapaklama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *